Anti Ribet, Yuk Simak 4 Cara Mengganti Popok Bayi Dengan Mudah Dan Aman

Beberapa bulan pertama setelah bayi lahir, bayi bisa buang air besar sebanyak 4 – 8 kali sehari, dan buang air kecil sebanyak 20 kali sehari. Hal inilah yang menjadi penyebab para orang tua harus tetap mengawasi popok tiap jamnya.


Bagi anda yang baru berpengalaman merawat bayi, mungkin anda akan merasa kebingungan di awal. Untuk itu, anda tidak perlu khawatir, hal ini memang cukup normal terjadi pada orang-orang yang baru pertama kali merawat bayi. Jangan khawatir, anda bisa membaca artikel ini. Artikel ini akan membahas cara mengganti popok bayi dengan aman dan mudah yang rangkum dari https://merries.co.id/community-parenting/umum/cara-mudah-mengganti-popok-bayi-tanpa-drama

Mengganti Popok Bayi Mudah Dan Cepat, Tentunya Aman

1. Mempersiapkan popok Baru

Sebelum mengganti popok buah hati anda, siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan seperti : popok bayi, tisu basah khusus bayi yang tidak mengandung alkohol, air hangat, baby cream, dan kantong untuk tempat popok bekas.

Untuk langkah awal, pastikan kondisi tangan bersih dan steril. Pakai sabun cuci tangan atau hand sanitizer agar anak terhindar dari bakteri dan kuman. Lalu, tempatkan Si Kecil ke alas yang sudah dilapisi kain bersih dan lembut.

2. Mengambil Popok Yang Kotor

Angkat kedua kaki Si Kecil dan tarik popok yang kotor secara perlahan. Sembari mengambil popok Si Kecil, lipat popok hingga bagian kotor tertutupi. Letakkan dalam kantong sampah yang sudah anda siapkan.

Lalu, anda harus membersihkan alat kelamin dan lipatan paha dengan bersih sebagai hal utama dari cara mengganti popok bayi. Hindari membersihkan bagian ini dengan cara mengelap bagian belakang ke depan. Pastikan anda menjamin kebersihannya dengan baik.

3. Memakai Popok Yang Baru

Setelah anda membersihkan kotoran dari kulit bayi dengan maksimal, anda bisa memakaikan bedak lembut atau babycream pada lipatan kulit Si Kecil. Hal ini dilakukan agar kulit bayi tetap kering sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi.

Setelah itu, anda bisa memakaikan popok yang baru. Jika anda menggunakan popok jenis perekat, angkat kedua kaki Si Kecil secara bersamaan. Lalu pasang popok dan rekatkan kedua bagian samping popok dengan lembut. Apabila anda menggunakan popok jenis celana, anda tinggal memasukkan kedua kakinya lalu tarik hingga menutupi perut.

4. Membuang Popok Dan Tisu Kotor Dengan Benar

Setelah proses pemakaian popok sudah dilakukan, hal terakhir yang perlu anda perhatikan adalah membuang popok dan tisu kotor. Terlihat sepele, anda harus tetap melakukannya dengan benar.

Cara mengganti popok bayi yang terakhir adalah dengan memasukkan popok dan tisu basah yang kotor ke dalam kantong plastik. Jangan lupa untuk mengikatnya dengan erat, hal ini dikarenakan bakteri dari popok yang kotor dapat menyebar ke seluruh ruangan dan menimbulkan penyakit.

Mengganti popok bayi sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, anda pasti bisa memakaikan popok Si Kecil dengan tenang. Untuk keamanan penggunaan popok, anda bisa memilih Merries Good Skin yang menjamin kenyamanan dan keamanan Si Kecil.

Posting Komentar

0 Komentar