DomaiNesia Hosting Indonesia Terbaik Saat Ini : 5 Hal Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website


Apakah Anda sedang ingin membuat website? Jika iya, sudah tahukah Anda hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah situs yang bisa diakses oleh semua orang? Apabila Anda belum mengetahuinya, Anda telah sampai di sumber tulisan yang tepat. Membuat website tidak hanya tentang desain dan tampilan website, namun juga tentang memilih hosting terbaik DomaiNesia dan hal-hal penting lainnya.


Jadi, apa saja hal-hal yang perlu Anda persiapkan untuk membuat website? Berikut ini adalah 5 hal yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah website yang bisa diakses oleh semua orang.

  1. Konsep website keseluruhan
Pertama, konsep website. Konsep ini bisa diartikan sebagai tema website secara keseluruhan. Dengan menentukan konsep, Anda bisa tahu hal-hal yang Anda butuhkan untuk website Anda. Konsep ini nantinya juga bisa dijadikan panduan, mulai dari pemilihan desain, nama domain dan ekstensinya, hingga bagaimana cara mengelolanya.

Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing ketika membuat website. Begitu juga dengan Anda. Jika Anda masih bingung terkait konsep, berikut ini beberapa konsep website yang sudah banyak digunakan.

-          E-commerce
Anda membuat website untuk menjadi e-commerce atau toko online. Berarti akan ada banyak foto yang diunggah di website Anda.
-          Blog
Anda membuat website sebagai blog pribadi. Anda perlu menyiapkan tema yang lebih spesifik, misalnya blog khusus kecantikan, masak, atau blog tentang perjalanan dan traveling. Dengan ini konten Anda akan lebih terfokus.
-          Edukasi
Anda membuat website dengan tujuan mengedukasi, misalnya website tentang tutorial membuat website, tutorial desain, dan sejenisnya.
-          Berita
Anda membuat website untuk menginformasikan berita-berita terkini. Nantinya, website Anda akan diisi oleh tulisan-tulisan berita, mulai straight news, indepth, hingga laporan investigasi.
-          Komunitas
Anda membuat website sebagai wadah informasi dari komunitas yang Anda ikuti. Kontennya bisa beragam, seperti acara yang dibuat komunitas hingga konten edukasi.
-          Portofolio
Anda juga bisa membuat website yang berisi portofolio Anda. Misalnya Anda mahir menulis, Anda bisa membuat blog untuk menampung semua tulisan-tulisan Anda. Anda yang jago desain, bisa membuat website untuk mengunggah hasil karya yang telah Anda buat.

  1. Nama domain
Kedua, nama domain. Domain merupakan alamat website Anda. Nama yang Anda pilih untuk dijadikan domain sebaiknya unik, simple, dan menggambarkan isi atau keseluruhan konsep dari website Anda. Nama domain ini nantinya akan menjadi identitas sehingga harus mudah diingat. Hindari penggunaan angka dan tanda khusus lainnya yang tidak diperlukan.

Selain nama domain, Anda juga perlu memilih ekstensi domain. Ada banyak ekstensi yang bisa Anda pilih. Pilihlah ekstensi yang sudah populer agar netizen juga tidak ragu untuk mengunjungi website Anda.

  1. Hosting
Ketiga, memilih web hosting. Hosting ini akan menjadi tempat penyimpanan file dan data yang dibutuhkan untuk website Anda. Tersedia banyak penyedia hosting yang bisa Anda pilih. Pilihlah yang kredibel, berkualitas, dan menjawab kebutuhan Anda, seperti hosting terbaik DomaiNesia.

Selain itu, pemilihan hosting juga sebaiknya memperhatikan kebutuhan website Anda. Kebutuhan website ini bisa dilihat dari konsep pembuatan website. Berbeda konsep, berbeda pula jenis hosting yang Anda butuhkan.

Ada 4 jenis hosting yang bisa Anda pilih, yaitu:
-          Shared hosting
Website yang cocok menggunakan shared hosting yaitu blog pribadi, website portofolio, dan website-website yang belum memiliki banyak pengunjung.
-          Cloud hosting
Cocok dipilih untuk situs e-commerce, situs berita, dan situs-situs yang fokus pada traffic yang tinggi.
-          VPS hosting
Cocok digunakan untuk Anda yang sudah memahami pengelolaan server dan web hosting. 

  1. Pilih platform untuk membuat website
Keempat, pilih platform untuk membangun website Anda. Anda tidak perlu menjadi lulusan ilmu komputer, teknologi informasi, dan jurusan sejenisnya untuk bisa membuat website. Anda pun tidak perlu tahu dan paham bahasa pemrograman karena Anda bisa memanfaatkan platform untuk membuat website yang sudah tersedia, seperti wordpress.

  1. Rencana pengelolaan website
Kelima, rencana pengelolaan. Membuat website tidak hanya tentang konten, domain, memilih hosting terbaik DomaiNesia, dan desain atau tampilan website, namun juga tentang pengelolaannya. Pengelolaan ini berhubungan dengan hal-hal teknis dan juga orang yang mengelolanya.

Ketika website Anda sudah siap, Anda perlu membuat website Anda dikenal dan dikunjungi oleh orang-orang. Kalau perlu, Anda harus bisa membuatnya muncul di halaman pertama mesin pencarian. Jika Anda tidak bisa melakukan hal ini sendiri, Anda bisa merekrut orang untuk mengelolanya agar bisa mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat website. Yang paling penting adalah konsep, karena dari konsep inilah Anda bisa menentukan desain, nama domain, jenis konten, target pengunjung, hingga keputusan memilih hosting terbaik DomaiNesia. Pikirkan secara runtut mulai dari konsep terlebih dahulu sebelum memutuskan hal-hal lainnya yang mungkin lebih mudah.

Posting Komentar

0 Komentar