10 Penyebab Gigi Rusak Yang Sering Dilakukan Banyak Orang

Secara sekilas kita selalu merasa bahwa gigi dan lisan nampak sehat-sehat saja. Tanpa kita semua sadari bahwa banyak kerusakan gigi yang tidak nampak bahkan penyebabnya pun ialah hal sehari-hari yang sering kita lakukan. Biasanya kita gres menyadarinya sehabis mencicipi sakit atau sehabis memeriksakannya ke dokter.

Nah sebaiknya sebelum gigi anda benar-benar rusak anda harus mengetahui bagaimana dan mengapa gigi rusak bisa terjadi dan penyebabnya biar anda bisa menghindarinya. Di bawah ini merupakan bermacam-macam penyebab gigi rusak yang sering dilakukan banyak orang.

 Secara sekilas kita selalu merasa bahwa gigi dan lisan nampak sehat 10 Penyebab Gigi Rusak yang Sering Dilakukan Banyak Orang

Berikut Kebiasaan yang Menyebabkan Gigi Rusak

1. Menggosok gigi terlalu keras

Saat menggosok gigi kadang banyak orang yang tidak menyadari ia menggosok gigi terlalu keras sehingga hal tersebut menjadi penyebab dari kerusakan gigi. Saat anda menggosok gigi dengan keras maka enamel gigi yang berfungsi sebagai pelindung gigi akan terkikis. Hal inilah yang mengakibatkan gigi anda rusak dan bahkan sensitif dikala makan masakan yang cuek atau panas.

2. Pasta gigi yang salah

Jika anda ingin menentukan pasta gigi maka anda sebaiknya memillih pasta gigi yang mengandung tar yang sedikit. Tidak semua pasta gigi memperlihatkan manfaat kepada anda, bahkan banyak dari pasta gigi bahkan akan merusak gigi anda alasannya ialah dengan tar yang tinggi juga akan merusak enamel gigi.

3. Tidak memakai dental floss

Sebaiknya gunakan dental floss atau benang gigi untuk memebrsihkan bekas masakan dengan tuntas. Sebab hanya dengan menyikat gigi saja tidak cukup bagi anda. Sehingga dikala anda tidak memakai benang gigi maka basil akan mengenda dan menjadi cikal bakal dari karang gigi yang bisa merusak gigimu.

4. Sering minum-minuman bersoda

Saat anda meminum minuman berkarbonasi, alias minuman bersoda hal tersebut akan memicu kerusakan gigi alasannya ialah ia mengandung asam fosforik. Asam fosforik ini yang akan bisa mengikis gigi anda. Untuk meminimalisir kerusakan gigi, anda bisa memakai sedotan dikala anda ingin minum minuman bersoda.

5. Makanan yang meninggalkan noda

Makanan yang meninggalkan noda akan menciptakan enamel gigi anda berwarna juga. Olehnya itu mintalah dokter gigi untuk melaksanakan perawatan laser whitening, bleaching, atau Prophy Power, mekanisme gres dimana sodium bicarbonate (bahan pemutih yang lembut) dicampur dengan semburan air yang kuat untuk mengangkat noda tanpa menghilangkan enamel. Pasta gigi dengan pemutih memang bisa sedikit memutihkan gigi, tetapi cenderung terlalu tajam untuk enamel.

6. Doyan ngemil

Saat anda selalu ngemil kebiasaan ini jugalah yang akan menciptakan gigi anda rusak. Kebiasaan ngemil juga akan diikuti dengan kebiasaan malas membersihkan gigi. Selain itu ngemil dengan masakan yang banyak mengandung tepung akan menciptakan gigi anda gampang berkarang.

7. Menggunakan gigi sebagai alat

Hindari memakai gigi anda sebagai alat untuk membuka kemasan keripik atau snack yang biasanya terbuat dari alumunium foil. Gigi yang sering anda gunakan membuka kemasan dengan cara menggigitnya akan gampang retak dan juga sensitif.

8. Mengabaikan duduk masalah gigi

Saat anda mengalami gusi berdarah, dan nafas berbau yang sudah kronis jangan remehkan hal tersebut. Sebab hal itu ialah indikasi adanya penyakit gusi. Untuk mengatasi busuk mulut, minumlah cukup air untuk menjaga kelembaban mulut, dan membuang kelebihan basil dengan pengerok pengecap (banyak dijual di apotek). Untuk mencegah gusi berdarah, gosok gigi secara teratur dan gunakan benang gigi. Segera ke dokter bila tanda-tanda ini tak juga mereda.

9. Menghindari dokter gigi

Janganlah anda malas dan bahkan menghindari mengunjungi dokter gigi. Hal inilah merupakan kebiasaan yang bisa menciptakan gigimu rusak. Sangat disarankan untuk mengusut kesehatan gigi dua kali dalam setahun, namun saran ini sepertinya cenderung diabaikan. Padahal, jikalau gusi mengalami masalah, setidaknya kita harus kontrol ke dokter setiap tiga bulan. 

10. Mengabaikan bibir

Jangan abaikan dikala bibir anda kering, segeralah oleskan lipbalm. Mengabaikan bibir yang rusak juga bisa kuat pada kesehatan gigi anda. Karena komponen bibir, lisan dan gigi saling bekerjasama satu sama lain.

Nah, itulah beberapa penyebab gigi yang rusak yang sering anda lakukan dan menjadi kebiasaan anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar